빙수 – Bingsu

Bingsu (빙수) adalah sajian penutup yang terkenal dari Korea. Berupa es serut, dengan pasta kacang merah, potongan buah, potongan kacang atau kacang giling, sereal, es krim, atau krim kocok.

Di Indonesia, terutama Jakarta dan sekitarnya, bingsu juga menjadi sajian yang disukai banyak orang. Apalagi, karena iklim di Indonesia yang panas, sajian sejuk manis ini terlihat sangat menggoda untuk dinikmati.

Biasanya, porsi penyajiannya besar. Saya sendiri, tidak pernah mampu menghabiskan satu porsi sendirian. Bahkan, berdua Bebi Vendra pun belum tentu bisa habis.

Ini adalah beberapa bingsu yang kami nikmati, belakangan ini.

Chungmuro Bingsu (충무로 빙수) di Patbingsoo (팥빙수), The Flavor Bliss, Alam Sutera, Tangerang.

Isinya es serut, irisan buah stroberi, pasta kacang merah dan es krim ogura. Perpaduan manis kecut yang unik, ditambah rasa krimi dari es krim ogura. Sajian ini dijual dengan harga 35.000 rupiah, sebelum pajak.

Choco Brownies Bingsu (초코브로우니 빙수) di Aree (아리), Mall @ Alam Sutera, Tangerang.

Es susu manis serut, dengan remah oreo, potongan brownies, saus coklat, dan es krim vanila (bisa diganti krim kocok-saya lebih suka yang ini). Perpaduan rasa manis susu dengan rasa coklat yang agak pahit. Membuat sajian ini menjadi favorit saya dan Bebi Vendra. Porsinya yang besar juga isinya padat, membuat kami seringkali tak makan lagi, setelah melahap dessert ini. Harganya 66.000 rupiah per porsi. Saat ini, sedang promo diskon 15% di hari Senin-Kamis.

Yeoksam Bingsu (역삼 빙수) di Patbingsoo (팥빙수), The Flavor Bliss, Alam Sutera, Tangerang.

Es serut, sereal jagung, pasta kacang merah, dan es krim matcha. Ini juga perpaduan rasa unik, manis dan getir, juga gurih dari sereal. Harganya 35.000 sebelum pajak.

Yang ini adalah bingsu asli Indonesia! Namanya Es Teler. Isinya, potongan buah nangka segar, serutan daging kelapa muda, dan potongan buah alpukat segar. Ditambah susu kental manis dan serutan es batu. Rasa dan aromanya khas, wangi buah nangka, berpadu dengan krimi dari buah alpukat dan kelapa muda. Di warung Sinar Garut, es teler ini harganya sekitar 13.000-15.000 rupiah. Murah, segar, puas!

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s