#haripertamasekolah

Ini kisah hari pertama sekolah Bebi Vendra, di tahun pelajaran 2016-2017. Tahun ini, Bebi Vendra di TK B lagi. Mematangkan umur, agar pas tahun depan bisa mendaftar ke SD Negeri.

Sekolah dimulai tanggal 18 Juli 2016, namun, di tanggal 15 Juli 2016, guru di sekolah Bebi Vendra mengundang saya, juga orang tua murid lainnya untuk rapat di sekolah.

Ternyata, pengarahan tentang kegiatan Kemendikbud, yaitu Peresmian Kerjasama Pendidikan Anak Usia Dini dengan pemerintah New Zealand.

Hari Senin, kami berangkat pagi-pagi sekali. Seragam batik yang biasa dipakai hari Kamis untuk anak-anak, dan batik berwarna gelap untuk para orang tua murid.

Acara dimulai sekitar jam 10 pagi, sebenarnya. Tapi kami sudah diminta untuk bersiap-siap sejak pagi karena acara ini dihadiri Bapak Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, dan Mr. John Key, Perdana Menteri Selandia Baru.

Sembari menunggu, anak-anak tentu tak mau melewatkan kesempatan untuk bermain dan berlarian. Bebi Vendra dan 39 temannya bertugas menyambut dengan bendera merah putih di tangan kanan, dan bendera Selandia Baru di tangan kiri. Para orang tua, mendampingi anak sebentar, lalu mengikuti rangkaian acara di dalam ruangan.

Acara diakhiri dengan makan siang bersama. Kami sampai di rumah lagi sekitar pukul 2 siang.

Tak disangka, sekitar sepuluh hari kemudian, posisi Pak Anies Baswedan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, digantikan oleh Pak Muhadjir Effendi. Well, saya, sebagai rakyat hanya bisa mendukung dan berharap yang terbaik. Meskipun, sebagai orang tua murid, saya agak cemas membayangkan sistem dan prosedur pendidikan di Indonesia akan berubah lagi (dan tanpa sosialisasi yang jelas, bahkan para pelaku pendidikan pun tidak paham, sehingga para orang tua akhirnya dilempar-lempar kesana kemari tanpa kejelasan).

Wajar dong ya, apalagi, tahun depan, Bebi Vendra berencana akan masuk SD. Mudah-mudahan tidak carut marut lah. Orang tua murid hanya ingin sistem yang jelas dan transparan kok. Bodo amat sama sepak terjang politik.

Nah lho, jadi ngelantur…

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s