Ulasan Drama Jepang: Mother Game -マザー・ゲーム~彼女たちの階級~

Ini bukan drama baru. Sudah sejak beberapa bulan lalu saya menonton episode 1-3. Lalau mandeg. Dan pas banget, saya selesai menikmati 10 episode, kemarin.

Pas sama apa? Bertepatan dengan ulang tahun Bebi Vendra, hari ini. Yah, saya hanya nyambung-nyambungin saja sih.

Kisahnya tentang seorang ibu tunggal, yang jungkir balik mencari TK untuk anaknya. Kemudian bertemu dengan direktur sebuah TK, yang mengundang si anak untuk masuk ke TKnya.

Tanpa gambaran apapun, ternyata itu TK elit. Dengan komunitas ibu-ibu yang berlomba menunjukkan kekayaan dan kehebatan keluarganya masing-masing. Padahal, si ibu tunggal ini orang biasa yang ditelantarkan suaminya, yang membawa lari seluruh tabungannya.

Hari-hari sekolah dengan berbagai dinamika interaksi antar anak, antar ibu, juga masalah masing-masing keluarga. Semuanya mengajarkan nilai-nilai tentang keluarga, suami-istri, dan tentunya tentang pendidikan anak usia dini. Semua ibu, ayah, guru, harus nonton drama ini! Dan mengambil nilai-nilai yang baik bagi masa depan anak. Masa depan para generasi penerus.

Yang saya tangkap dari drama ini:
Jadi ibu tidak perlu sempurna.
Mendidik dan membesarkan anak adalah tanggung jawab semua orang, tidak bisa semua dilimpahkan ke ibu, lalu tutup mata.
Ibu bekerja atau ibu penuh waktu, sama saja. Yang penting adalah kebahagiaan anak. Di drama ini, ibu yang ‘tidak ada kerjaan’ malah jadi menggangu ibu lain lho!

Kebetulan, hari ini Bebi Vendra berulangtahun yang keenam. Sudah semakin bertumbuh, semakin pintar, semakin kritis, semakin cerewet, semakin ingin tahu, semakin aktif. Saya sendiri, tak jarang kewalahan menanggapi anak ini.

Ketika anak berumur 6 tahun, maka Mama juga baru ‘berumur’ 6 tahun. Kita akan sama-sama melangkah ke depan, sambil sama-sama belajar. Jangan tumbuh dewasa terlalu cepat ya, Beb! Mama masih ingin menggandeng tanganmu.

Advertisements

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s