Mutasi SIM Online

Selama beberapa belas tahun, saya tinggal di Jogja. Saya mencapai usia berhak memiliki KTP dan SIM pun di sana. Kemudian, karena menikah dengan lelaki yang berdomisili di Tangerang, maka saya pun pindah ikut suami.

Tahun ini, SIM saya habis masa berlakunya. Sejak akhir 2015, saya sudah gelisah soal mutasi SIM. Yaitu perpanjangan SIM pindah daerah. Saya memilih birokrasi mutasi SIM yang mungkin sangat merepotkan, daripada harus diuji ulang.

Hey, setiap tahun saya menyupir dari Tangerang ke Sleman lho! Kan rasanya gondok kalau harus ujian SIM lagi, muter-muter maju-mundur nanjak-turun di halaman kantor polisi.

Setelah browsing dan tanya-tanya kesana-kemari, akhirnya, saya membulatkan tekad untuk menyetir ke Polres Tangerang Kota. Bayangkan ujian lalu lintas yang harus saya lalui dalam perjalanan dari Ciledug ke Daan Mogot sana!

Karena saya berangkat ke polres setelah menjemput Bebi Vendra pulang sekolah, maka kami tiba sekitar jam 12.55. Berhubung pelayanannya sudah mau tutup, jadilah saya diburu-buru. Untungnya, saya punya banyak fotokopi eKTP, jadi tinggal diserahkan saja. Lalu membayar 180.000 rupiah untuk SIM A dan 175.000 rupiah untuk SIM C.

Menunggu panggilan foto sekitar 10 menit. Proses foto dan pengambilan sidik jari untuk kedua golongan SIM yang saya punya pun hanya sekitar 5 menit. Dua menit kemudian, kedua SIM saya sudah jadi.

Rasanya takjub! Dan lega bukan main. Perjalanan berangkat satu jam, perjalanan pulang satu jam, di Polres setengah jam. Mudah-mudahan, 5 tahun lagi birokrasi di negara ini bisa tetap hebat seperti ini, bahkan lebih.

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

