Soal Keselamatan Berlalulintas

Kemarin, jadwal saya adalah servis rutin mobil, lalu arisan bersama teman-teman alumni #KippabuwSoapClass. Selama 3 tahun lebih, CiKA (alias City car AKAP), Suzuki New Karimun Estilo, setia mengantarkan kami kesana kemari. Dan saya rajin membawanya servis rutin di bengkel resmi.

Dalam perjalanan menuju arisan, saya mendapat peringatan adanya kecelakaan di ruas tol. Pantas saja, macetnya gila-gilaan. Sudah emosi macet, saya semakin emosi pada si penyebab kecelakaan, sehingga macetnya bikin emosi.

Saya langsung menghakimi mereka dengan sumpah serapah (dalam hati, dan sekarang ingin saya muntahkan di tulisan ini), bodohnya mereka asal bisa menginjak pedal gas langsung merasa pantas mengemudikan kendaraan di jalanan. Tanpa paham betul etika berlalulintas dan keselamatan berkendara. Sehingga mengganggu perjalanan orang lain. Banyak orang.

Setelah saya dipuji penjaga toko suku cadang kendaraan bermotor, karena berinisiatif mengganti wiper mobil demi keselamatan berkendara di cuaca yang sering hujan. Lalu membuat mekanik di bengkel resmi takjub, karena saya memperhatikan lampu kecil mobil saya yang mati sebelah, lalu minta diganti yang baru. Kemudian saya terjebak macet parah akibat kecelakaan. Rasanya jengkel!

Kecelakaan lalu lintas, ada yang bilang tidak sengaja, bahkan ada yang menyebutnya takdir. Menurut saya, kalau semua pengguna jalan mau peduli terhadap kondisi dan keselamatan kendaraan yang dikemudikannya, juga mau tahu soal etika berlalulintas, seharusnya kecelakaan lalu lintas bisa diminimalisir. Semua orang tidak mau kecelakaan kan? Jadi memang sudah sepatutnya, semua orang peduli keselamatan berlalulintas. Dan bukan hanya bermodal bisa nginjak pedal saja, atau sekedar jagoan mencet klakson membabibuta.

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

