Sebelum Belanja #Kippabuw

Handmade bath & body products, alias produk perawatan tubuh buatan tangan, belakangan ini memang semakin menarik perhatian. Berbagai bahan alami dan kemasan menarik, juga bentuk yang unik, membuatnya tampak semakin menarik.

Yang saya bicarakan kali ini adalah sabun, pelembab kulit, pelembab bibir, sampo, scrub tubuh, balsem, pewangi tubuh, deodoran, pembersih toilet, sabun cuci pakaian, sabun cuci peralatan makan, juga minyak pembersih wajah, yang dibuat dengan tangan, bukan dengan mesin pabrik, disediakan sesuai permintaan, dan meminimalisir penambahan bahan-bahan kimia yang tidak perlu.

Sudah hampir 3 tahun, saya menjual produk-produk Kippabuw. Yaitu, produk-produk buatan tangan saya sendiri, dengan berbagai pilihan varian, seperti yang saya sebutkan tadi. Orang-orang yang belum terbiasa dengan produk-produk non-mainstream tersebut, biasanya akan heran, atau malah ragu. “Hah? Bikin sabun sendiri?”

Namun, kebanyakan pelanggan Kippabuw adalah orang-orang yang memang sudah sadar akan pentingnya beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan dan meminimalisir bahan-bahan kimia yang tidak perlu. Untuk pelanggan yang seperti ini, saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar lagi, karena kebanyakan sudah paham soal konsep produk buatan tangan ini.

Ketika harus menghadapi orang-orang yang mindset-nya masih berpegang teguh pada produk-produk komersial, bahkan yang sangat percaya pada ketenaran merek, tentu banyak yang perlu dijelaskan.

Intinya, produk buatan tangan ini memang berbeda dengan produk terkenal di pasaran. Harganya cukup mahal, tentu karena bahannya juga beda, dan kapasitas produksinya tidak semassal pabrikan. Bahan-bahannya lebih mudah diucapkan, ketimbang bahan-bahan kimia yang tertera di kemasan produk komersial. Kebanyakan, malah produk yang biasa dinikmati sebagai bahan makanan maupun minuman sehari-hari.

Dan, produk buatan tangan ini bukanlah produk yang dijual dengan embel-embel janji. Konsepnya, seperti perawatan tubuh sendiri di rumah, dengan bahan yang tersedia di dapur. Jadi, tidak mungkin kulit akan berubah drastis dalam waktu singkat. Saya sendiri percaya, kecantikan dan kesehatan tubuh dan kulit lebih ditentukan oleh pola makan dan gaya hidup.

Jadi, sebelum berbelanja produk perawatan kulit dan tubuh, juga produk pembersih buatan tangan, sebaiknya, lupakan dulu iklan-iklan produk komersial pabrikan. Supaya tidak kecewa, sudah terlalu tinggi berharap. Padahal, ketika janji mereka tidak terbukti, kebanyak konsumen maklum-maklum saja. Tapi jika produk buatan tangan, yang tidak menjual janji, dan ternyata tidak sesuai harapan yang tidak sesuai sasaran, malah dicela habis-habisan.

Well, misi saya sendiri sebenarnya untuk berbagi pengetahuan soal gaya hidup yang meminimalisir bahan kimia yang tidak perlu, terutama dalam produk perawatan kulit dan tubuh, juga pembersih sehari-hari.

Advertisements

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s