Berimprovisasi dengan Sup Ayam

Bebi Vendra termasuk anak yang pilih-pilih makanan. Seleranya itu-itu saja. Yang disuka sih menu-menu rumahan sederhana, sebenarnya. Ia paling doyan sup ayam. Sederhana banget kan?

Sebagai tukang masak, saya sendiri bosan menyajikan itu-itu melulu. Karena itu, saya harus lebih kreatif soal penyajian. Padahal menu dasarnya sama saja.

Untuk membuat sup ayam, saya memakai 2 potong paha atas. Rebus dalam 2 cangkir air bersama setengah sendok teh garam, setengah sendok teh lada putih bubuk, setengah sendok teh bawang bombay kering, setengah sendok teh parsley kering, segenggam wortel yang dipotong dadu, segenggam jamur kancing iris, serta segenggam brokoli. Gunakan api kecil dan rebus perlahan.

Setelah sekitar 30-40 menit, aroma sedap dari kaldu akan memenuhi dapur. Si Little Food Critic pun mulai berkomentar, “Mama masak apa? Baunya enak!”

Sup ayam ini bisa disajikan begitu saja, dengan nasi. Kami makan nasi merah. Supaya lebih mudah, saya menyuwir daging ayamnya dan lebih banyak memasukkan bagian kulit ayam ke dalam sajian untuk Bebi Vendra. Ia tak begitu suka mengunyah daging ayam. Tapi, jika sudah dimasak cukup lama, biasanya bagian daging pun cukup empuk untuk gigi-gigi kecilnya.

Cara lain, yaitu menyajikannya dengan kentang tumbuk. Bukan dengan nasi.

Cara lain lagi, siramkan sup ke atas mi atau bihun. Kadang-kadang, untuk saya sendiri, saya menambahkan sedikit perasan jeruk nipis dan serpihan cabe. Jadilah bihun asam pedas!

Cara lain lagi, dengan menambahkan telur orak-arik.

Selamat berkreasi!

Advertisements

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s