Perhitungan Konsumsi Bahan Bakar CiKA

CiKA adalah sebutanku untuk si mobil city car AKAP, alias mobil mungil yang setia mengantar kami antar kota antar propinsi. Berikut adalah contoh perhitungan konsumsi bahan bakar CiKA:

Perhitungan ini dimulai setelah mengisi penuh tangki bahan bakar pada tanggal 12 Desember 2014 dengan Pertamax. Kemudian, sehari-hari dipakai jalan-jalan seputar Ciledug dan Alam Sutera, kebanyakan dari mall ke mall, dengan AC yang selalu menyala di level 2. Kebetulan, cuaca memang sedang gerah banget.

Itu juga termasuk hampir 1 jam mesin menyala dengan AC di level 2, tapi tidak jalan. Kadang aku melakukan pemborosan tersebut ketika Bebi Vendra tertidur di ‘saat yang kurang tepat’.

Dan akhirnya, kami isi penuh tangki bahan bakar lagi di tanggal 20 Desember 2014. Dari situlah didapat perhitungan konsumsi bahan bakar untuk pemakaian mobil di dalam kota ini.

Mungkin, kalau kami bepergian ke arah Jakarta, yang banyak titik macetnya, konsumsi bahan bakarnya akan lebih boros. Sedangkan ketika kami jalan-jalan ke daerah, konsumsi bahan bakarnya bisa jauh lebih irit lagi, karena lebih banyak jalan lancar dengan kecepatan cukup tinggi.

Yang penting, perawatam mesin mobil, pengecekan ban, juga perilaku berkendara yang baik juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar.

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s