Pantai Pangandaran, Jawa Barat

Dalam perjalanan kembali ke rumah, dari Mudik Natal 2014, kami belok dulu ke Pantai Pangandaran. Senin, mendekati tengah malam, kami beristirahat di Restoran Pringsewu Banjar. Sambil berusaha memejamkan mata sebentar, aku malah kepikiran kalau di dekat situ ada pantai yang bisa dikunjungi, yaitu pantai Pangandaran.

Setelah merem sebentar, kami pun melanjutkan perjalanan menuju pantai Pangandaran. Kami tiba di sana menjelang subuh. Kami langsung mencari hotel untuk merebahkan tubuh yang sudah pegal-pegal ini. Sempat diganggu calo menyebalkan. Akhirnya, kami check-in di hotel Grand Mutiara. Kamar dengan 2 tempat tidur ukuran single, pendingin ruangan dan sarapan untuk 2 orang, seharga 450.000 per malam.

Aku sendiri langsung terlelap, ketika sampai di kamar hotel. Sedangkan Bebi Vendra memang sudah nyenyak sejak tadi. Sepertinya, suamiku masih lanjut kerja sebentar, kemudian menyusul kami ke dunia mimpi.

Aku terbangun sekitar jam 7 pagi karena pelayan mengantarkan 2 piring nasi goreng untuk kami sarapan. Setelah sarapan, kami bersiap untuk main-main ke pantai. Kebetulan, hotel tempat kami menginap ini terletak di depan pantai. Jadi, kami bisa jalan kaki ke pantai.

Bebi Vendra langsung asik sendiri dengan mainan-mainan peralatan beratnya. Aku dan suamiku duduk-duduk di situ sambil nyemil rujak bebek dan foto-foto. Setelah cuaca gerimis semalaman, hari itu agak mendung.

Sudah bosan main di pinggir pantai, kami bertiga kembali ke kamar hotel untuk mandi dan berganti pakaian. Lalu kami mulai berkemas untuk check-out.

Tujuan selanjutnya adalah makan ikan. Kurang afdol rasanya, berkunjung ke obyek wisata berupa pantai, kalau tidak menyempatkan dirimenikmati makanan laut. kami memilih sebuah warung sederhana di tepi pantai. Menu makan siang kami waktu itu adalah ikan kakap merah bakar dan cumi goreng tepung. Penyajiannya sesederhana warungnya. Tapi kami dilayani dengan keramahan.

Sudah mengisi perut dan sudah puas berada di pantai Pangandaran, kami kembali ke jalur selatan Jawa, untuk meneruskan perjalanan pulang.