Satu Hari di Temanggung

Hari ke delapan Mudik Natal 2014. Kami bersiap untuk kembali ke rumah. Tapi, tak ingin langsung meluncur ke Tangerang, melainkan berecana mampir ke Temanggung dan menginap semalam di sana.

Ada apa sih di Temanggung? Well, secara pribadi, aku memang ingin mampir ke kota kecil nan sejuk di Jawa Tengah tersebut untuk sekedar menikmati waktu santai dan udara segar. Sedangkan Suamiku, ingin mampir untuk melihat skena burung dara kolongan di sana.

Kami berangkat Minggu pagi dari Yogyakarta. Mampir mengisi tangki bahan bakar di SPBU Salam, Muntilan. Sekalian sarapan Ayam Pak Kromo, yang kami beli sambil berangkat.

Sampai Temanggung, kami langsung menuju salah satu lapak burung dara yang terletak di Dusun Jojogan, belakang Gudang Garam. Ternyata di sana hobi burung dara cukup mendapat apresiasi, di mana setiap dusun punya lapak masing-masing. Setelah menonton lomba yang kebetulan sedang berlangsung, kami meluncur ke Hotel Chandra.

Kami menempati kamar VIP, dengan dua tempat tidur ukuran queen. Harga per malamnta 175.000 rupiah, sudah termasuk sarapan untuk 2 orang.

Beres urusan check-in, kami jalan lagi untuk makan siang. Dekat hotel ada Warung SS. Kami pun membelokkan mobil ke sana. Warungnya cukup besar dan nyaman, meskipun cukup ramai pengunjung. Siap untuk mencatat pesanan kami?

Cumi Goreng Tepung.
Udang Goreng Tepung.
Ikan Bawal Goreng.
Sambal Kecap.
Sambal Bawang.
Kangkung Tumis.
Terong Goreng.
Tahu Goreng.
Tempe Goreng.
Telur Dadar.
Sayur Asem.
Teh panas.
Jeruk nipis panas.
Tak lupa, nasi putih.

Masing-masing disajikan dalam porsi kecil, namun sebenarnya cukup. Karena itu, semua pesanan kami pun ludes. Kami juga puas. Sayangnya, beberapa menu disajikan dingin, jadi gorengan-gorengan tersebut sudah kurang renyah.

Untuk pesanan gila-gilaan itu, kami harus membayar 51.500 rupiah!

Sudah kenyang, kami melanjutkan perjalanan. Tadinya ingin mancing ikan dekat situ. Tapi ikannya sedang tidak ada karena mati semua waktu musim kemarau. Bebi Vendra, yang jadi hobi mancing, jadi kecewa. Kami kembali ke hotel untuk bersantai sejenak.

Setelah maghrib, kami jalan-jalan ke Alun-alun Temanggung. Di sana kami nongkrong di Srinthil Coffee, semacam kedai kopi tempat tongkrongan anak muda. Di dekat situ ada penjual Wedang Ronde, kami pun mencobanya. Lucunya, Wedang Ronde di sini menggunakan emping. Bahkan, tidak ada kolang-kaling dan potongan roti tawar.

Di dekat situ juga ada penjual Ayam Pop. Aromanya menggelitik hidung, setiap kali ada pesanan yang digoreng. Kami ikutan mencoba. Ternyata aromanya saja yang sedap dan wangi. Rasanya terlalu asin dan biasa. Satu porsi ayam pop dan nasi putih dihargai 11.000 rupiah.

Di Srinthil Coffee nya sendiri, kami memesan beberapa menu untuk mengudap. Ada roti bakar coklat keju, yang rasanya standar tapi ludes juga. Kami juga memesan kentang goreng. Minumannya, ada Coklat Panas untuk Bebi Vendra, Vietnam Drip Coffee untuk suamiku, dan Affogatto untukku.

Kopi yang dipakai untuk Vietnam Drip Coffee-nya cukup kuat, dengan semburat rasa asam yang lembut. Namun, Affogatto-nya memakai es krim miks Pondan. Jadinya eneg banget karena terlalu manis. Total tagihan kami di Srinthil Coffee adalah 60.000 rupiah. Tempatnya kecil, jadi cuma muat beberapa meja untuk tamu. Kami bahkan kebagian duduk di luar.

Kami kembali ke hotel untuk beristirahat. Hujan awet semalaman, ditambah perut sudah terisi cukup dan udara yang segar agak sejuk, bikin kami bisa tidur enak malam itu.

Besok paginya, kami mencoba wahana permainan air Pikatan, yang terletak sekitar 1 kilometer dari hotel. Biaya masuknya 10.000 per orang, kalau tak salah ingat. Ada beberapa kolam untuk main air, tampak juga beberapa macam perosotan. Tapi Bebi Vendra hanya ingin main air saja di kolam dangkal. Meskipun matahari bersinar terik, tapi airnya dingin banget. Ketika sudah bosan main air, kami memilih mandi dengan air hangat, yang harus membayar 3.000 per orang.

Selesai berganti pakaian, kami sempat melihat ikan-ikan koi super besar yang berenang tenang di salah satu area dekat kolam. Tak heran, air di sini bersih, udaranya juga segar. Benar-benar lingkungan yang sehat untuk hidup!

Advertisements

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s