ISPA (lagi) & Antibiotik Alami

Selamat tahun baru 2015!
Kami baru saja kembali dari liburan bertiga selama kurang lebih 11 hari. Ketika sampai kembali di rumah, aku tumbang!

Temperatur tubuh 37,8°C kemudian naik ke 38,0°C, sakit kepala, sakit di dada, batuk, pilek, serta badan pegal-pegal. Aku pernah sakit seperti ini, Maret 2006 lalu. Mereka menyebutnya ISPA alias infeksi saluran pernafasan akut. Penyebabnya adalah virus. Tak heran, karena kami berada dalam kabin mobil selama berhari-hari, Bebi Vendra dan Papanya sudah flu duluan, kemudian kondisi mereka baik. Sialnya, aku dalam kondisi tubuh paling lemah dalam sebulan (baca: menjelang datang bulan), jadilah aku terinfeksi virus.

Ke dokter, obat yang diberikan adalah antiobiotik. Penyakit karena virus sebenarnya tidak perlu antibiotik, melainkan dilawan sendiri oleh sistem kekebalan tubuh. Namun, dalam kasus ISPA, antibiotik diberikan untuk mencegah bakteri ikut-ikutan memperkeruh suasana. Kalau dahak atau ingus berwarna hijau, misalnya, itu berarti bakteri sudah ikutan menginfeksi.

Sebagai orang yang tidak pernah minum obat, selama sekitar 8 tahun terakhir, aku mengandalkan madu sebagai antibiotik alami.

Satu sendok teh madu dicampur segelas kecil air minum, diminum sesering mungkin dalam sehari. Ditunjang dengan makanan bernutrisi baik, ditambah air kelapa sebagai penurun panas alami. Kondisiku pun berangsur membaik dalam 2 hari.

Aku sendiri percaya, obat kimia hanya akan membuat tubuhku melemah. Juga akan mempengaruhi sistem saraf. Dan, bahan-bahan makanan yang disediakan oleh alam adalah obat yang akan mampu membantu sistem kekebalan tubuhku melawan penyakit. Karena itulah, aku tidak pernah mau minum obat-obatan kimia.

Lebih baik aku banyak melahap makanan sehat. Meskipun, mungkin proses penyembuhannya tidak “se-instan” obat kimia.

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

One thought on “ISPA (lagi) & Antibiotik Alami”

Leave a Reply

