Arti Ibu Jari

Aku baru saja diajari arti sebuah ibu jari. Ketika jempol kananku cedera, aku jadi cukup kesusahan.

Ceritanya, hari Kamis malam, aku dan Bebi Vendra habis jalan-jalan ke seputaran Alam Sutera. Kami ketemu penjual kentang bebas pestisid. Aku langsung kepikiran bikin kripik kentang sendiri, tanpa garam, apalagi MSG.

Namun, tanganku terpeleset dan jempolku nyangkut di alat pengiris kripik. Tadinya, kupikir hanya tergores sedikit. Tenyata, lukanya cukup dalam. Bahkan, untuk beberapa menit yang terasa panjang, darah tak berhenti mengalir. Bebi Vendra sendiri sempat panik melihat keadaanku.

Besoknya, ketika hendak membersihkan luka tersebut, sembari mengganti plester luka, aku baru sadar sepenuhnya, kalau lukanya cukup dalam. Bisa dibilang, jempolku cuil! Pantas saja aku merasa linu dan tak berdaya karena kesulitan melakukan banyak hal.

Mengetik di ponsel pun kesulitan. Tidak bisa mencuci peralatan makan, apalagi mencuci pakaian. Menyetir mobil pun ada beberapa posisi yang membuatku meringis kesakitan. Bahkan, tidak bisa makan pakai tangan, dan menggunakan sendok harus perlahan-lahan. Intinya, aku jadi super lambat.

Padahal, kalau dipikir-pikir, ini ‘hanya’ luka di bagian ujung ibu jari, tapi cukup mengacaukan kehidupan sehari-hari. Tapi aku tidak mengeluh, dan memang tidak ingin mengeluh. Yang terpikir, hanyalah memenuhi nutrisi tubuhku melalui makanan bergizi supaya luka tersebut bisa segera pulih.

Syukurlah, hari Senin malam, aku sudah mulai bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan rumah dengan cukup baik. Sudah bisa mencuci pakaian. Berarti pola makanku cukup baik ya?

Aku juga semakin diingatkan untuk tidak pernah lupa bersyukur untuk kesehatan dan kesempurnaan tubuh ini. Setiap pagi terbangun dengan tubuh sehat dan setiap hari berlalu dengan banyak pekerjaan dan kegiatan, sudah berlimpah berkat dari Sang Empunya Hidup.

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

