Gara-gara Ibu Menteri

Setelah pengumuman anggota Kabinet Kerja, beberapa hari lalu, ada satu berita yang diulang-ulang terus di televisi dan akhirnya menarik perhatianku. Ya, Ibu Susi, yang tidak tamat SMA.

Aku pernah mendengar dan membaca beberapa berita tentang beliau. Dan semua berita tentang Ibu Susi ini pun positif. Aku salut sama beliau. Apalagi sampai terpilih untuk ikut andil dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo, semakin menguatkan semua berita positif tersebut kalau beliau memang hebat.

Yang menggelitikku adalah, tingkat pendidikan Ibu Susi yang tidak tamat SMA. Dan berita tentang itu diulang-ulang terus di televisi. Bahkan media sosial.

Aku jadi ketawa sendiri. Dan terpikir tentang perusahaan-perusahaan yang memasang kriteria “Bachelor degree from reputable university” dalam iklan lowongan kerjanya.

Aku sendiri pernah merasakan pahitnya diinjak-injak di dunia kerja, gara-gara pola pikir gelar sarjana tersebut. Perusahaan beralasan tingkat pendidikanku tak pantas lah untuk nilai gaji tertentu, atau sang Manajer SDM menuntutku untuk segera menyelesaikan kuliah S1-ku lah.

Dan, sejujurnya kuakui, bahwa aku sempat kuliah hanya untuk memuaskan hasrat para petinggi manajemen soal gelar sarjana tersebut. Setelah kupikir-pikir lagi, aku punya pengalaman dan prestasi pekerjaan yang baik, kalau aku tambah dengan gelar sarjana, apakah mereka mampu membayar gajiku?

Penunjukan Ibu Susi untuk masuk ke barisan kabinet seperti memberi pembenaran bagiku. Untuk kinerja yang hebat, nggak harus sarjana dulu. Tapi kemampuan pribadi yang harus terus diasah.

Well, saat ini, aku sedang nggak ingin melamar pekerjaan pula. Setelah beberapa perusahaan nyalinya ciut gara-gara nilai gaji yang kuminta. Dan aku sudah nyaman dengan Kippabuw.

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

