Membuat Susu Oat

Gaya hidup alami semakin menjadi tren, belakangan ini. Aku sendiri memang terbiasa menyeimbangkan gaya hidupku sendiri. Aku duka hura-hura, tapi aku juga mengendalikan diriku sendiri.

Aku suka makanan dan minuman yang krimi. Pada dasarnya, aku pemadat produk susu sapi. Tapi menyesap susu atau yogurt non dairy pun aku suka. Ini caraku membuat susu oat.

Susu nabati ini sangat mudah dibuat sendiri dan kita bebas berkreasi sendiri. Bahan lainnya bisa ditambahkan sesuai selera masing-masing.

Jika ingin tambahan rasa manis, bisa menambahkan madu, stevia, bahkan kurma tanpa biji. Jika ingin tambahan rasa, alias tidak ingin susu tawar, bisa menambahkan coklat bubuk, bahkan saus coklat (untuk rasa coklat dan tambahan rasa manis), buah stroberi segar, buah pisang, bahkan teh hijau bubuk, alias matcha.

Bahan-bahannya:
1 cangkir oat siap seduh
2 cangkir air minum
Vanila secukupnya

Cara membuatnya:
1. Campurkan semua bahan, lalu proses dengan blender atau food processor hingga tercampur rata dan berwarna putih seperti susu sapi.
2. Jika ingin menambahkan pemanis atau perasa, tambahkan sekarang, lalu proses lagi.
3. Saring susu dan rempatkan dalam botol arau toples kaca.
4. Simpan dalam lemari es.

Susu oat putih bisa juga digunakan sebagai campuran kopi atau coklat. Bisa juga untuk membuat smoothies. Penggunaannya sama dengan susu sapi. Dan susu nabati buatan sendiri ini merupakan pengganti yang lebih baik untuk susu sapi. Mengingat, susu sapi banyak menyebabkan kondisi tubuh yang kurang menyenangkan, seperti timbulnya cairan berlebihan pada daerah kewanitaan, dan padaku sendiri, datang bulan jadi agak sakit ketika aku sedang banyak mengkonsumsi produk dairy.

Susu oat ini tahan sampai 4 hari. Atau, jika aroma dan warnanya berubah, jangan dikonsumsi lagi. Karena itu, sebaiknya dibuat dalam jumlah kecil saja.

Jangan lupa dikocok sebelum dikonsumsi, karena pasti terjadi endapan.

Selamat mencoba.

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s