Bepergian dengan Balita

Pengalaman terbang Bebi Vendra yang pertama adalah ketika ia berusia 4 bulan. Setelah itu, ia terbang 6 kali lagi. Di liburan natal 2013 lalu, ia ikut menjelajah Jawa Barat, dan Jawa bagian tengah, dengan total lebih dari 1900 kilometer dalam waktu 15 hari.

Bangga?

Harus kuakui, iya. Aku bangga, dianugerahi balita yang kuat dan seru diajak bepergian.

Yang penting, jaga waktu istirahat dan makannya tetap terkendali. Dan siapkan juga beberapa keperluan darurat.

1. Obat luka
Balita biasanya sulit disuruh anteng. Apalagi, Bebi Vendra termasuk balita yang hiperaktif. Jatuh, tergores, atau tertusuk sesuatu yang tajam tentu tak diharapkan, namun kalau sampai si kecil terluka, pertolongan pertama dengan mencegah infeksi dengan membubuhkan obat luka antiseptik.

Orang dewasa pun mungkin akan memerlukannya.

2. Parasetamol
Balita yang terlalu bersemangat jalan-jalan biasanya lupa diri. Nggak mau mengakui kalau ia kelelahan, atau bermain bebas di alam terbuka. Belum lagi perubahan iklim dari rumah ke tempat tujuan liburan.

Jika akhirnya si kecil demam, parasetamol ini jadi pertolongan pertamanya. Aku sendiri baru meminumkan obat ini kalau temperatur Bebi Vendra sudah 38,5°C atau lebih. Jangan lupa, perbanyak asupan cairan juga untuk membantu membuang panas tubuh berlebih melalui urin.

3. Minyak telon
Masuk angin, perut kembung atau kedinginan, adalah hal-hal yang sangat mungkjn dialami balita ketika diajak bepergian, terutama jika jaraknya jauh. Usapkan minyak telon di perut, punggung dan lehernya untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman.

Aku sendiri bukan tipe Mama yang selalu mengusapkan minyak telon ke anak setiap habis mandi. Hanya ketika ia merasa nggak enak badan saja.

Selamat menikmati perjalanan bersama balita tersayang! Safe trip ya

Advertisements

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s