Komitmen Vegetarian

Aku pernah menyebut diri sebagai seorang vegetarian selama kurang lebih 6 tahun, yaitu dari tahun 2001 hingga 2007. Selama itu juga, aku menyebut diri straightedge, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol. “Bersih” deh pokoknya.

Selama itu juga, kegiatanku segambreng. Bekerja di perusahaan raksasa distributor makanan dan minuman, lengkap dengan segala mobilitasnya seputar area Yogyakarta dan Jawa Tengah. Mejeng di 4 band, termasuk menjalani tur di beberapa kota. Belum lagi kegiatan sosialisasi dan aktualisasi diri di masyarakat.

Waktu itu, aku merasa badanku enteng, meskipun kegiatan tak ada matinya, waktu tidur pun kadang dirampok. Lalu kenapa aku memutuskan untuk kembali jadi pemakan segala?

Well, awalnya, aku ingin vegetarian karena ingin punya kulit mulus. Serius. Keinginan itu muncul sejak aku berseragam putih-biru. Namun, dengan dalih masih dalam masa pertumbuhan, keluargaku menentangnya habis-habisan. Aku paham, mereka takut aku terjebak dalam pola makan tidak seimbang, sehingga aku kurang gizi.

Kemudian, aku mulai menjalaninya sedikit-sedikit. Tak kehilangan akal, aku mengintegrasikannya sebagai puasa paskah. Enam minggu tidak makan daging. Karena keluargaku cukup sensitif terhadap isu spiritual, mereka pun mengijinkanku. Akhirnya, di tahun 2001, puasa itu pun dibablasin jadi pola hidup sehari-hari.

Mamaku sangat suportif. Beliau memanduku agar pola makan tetap seimbang. Hingga akhirnya aku mulai bisa mengendalikan diri untuk soal makanan dan minuman.

Itulah yang membuatku kembali menjadi pemakan segala. Karena aku sudah merasa bisa mengendalikan diri, meskipun tanpa batasan tertentu. Ditambah, aku sering merasa berdosa membuang makanan yang sebenarnya dimaksudkan untukku, tapi ternyata mengandung daging. Aku masih hidup di tengah masyarakat umum, jadi mereka tak bisa disalahkan juga.

Saat ini, aku hanya tidak makan daging setiap masa puasa pra paskah. Di tahun ini, puasa di mulai pada hari rabu abu tanggal 5 Maret.

Selamat memperingati Rabu Abu!

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

