Ketika Bebi Vendra Batuk

Kemarin, Bebi Vendra demam dan batuk-batuk.

Kami tak tahu apa penyebabnya. Tapi, cuaca belakangan ini memang tak menentu. Hujan seharian, besoknya panas terik. Belum lagi kebiasaannya memasukkan tangan ke mulut, padahal entah habis pegang apa saja.

Merawat balita sakit ternyata memang lebih sulit daripada bayi. Karena, di usia segini, Bebi Vendra sudah bisa ngeyel, dan tak jarang, aksi ngeyelnya itu sekedar untuk menunjukkan kalau ia sudah punya pendapat sendiri.

Sebagai Mama, tentu aku jadi khawatir. Anak lagi sakit, disuruh banyak minum air putih nggak mau.

Apalagi air putih dengan perasan lemon dan madu. Dan aku adalah Mama yang nggak rela kalau anaknya harus menelan obat-obatan kimiawi.

Untungnya, Bebi Vendra suka kelapa muda. Lumayan, kami bisa menyodorkan minuman segar tersebut untuk asupan cairan dan tambahan energi. Secara pribadi, aku juga percaya kalau air kelapa dapat membantu menurunkan demam.

Aku juga tahu, kalau sebaiknya anak yang sedang sakit tidak minum susu sapi dulu. Karena bisa jadi bumerang yang balik melawan sistem kekebalan tubuhnya. Namun, pada akhirnya, aku juga memberinya susu sapi.

Aku menghangatkan 100 mililiter susu sapi dengan 50 mililiter air minum, ditambah 1 sendok teh coklat bubuk, seperdelapan sendok teh bubuk kayu manis dan setelah semua tercampur rata dan minuman tersebut tidak terlalu panas, aku menambahkan satu sendok teh madu.

Kayu manis dikenal sebagai pereda nyeri alami dan anti virus. Madu juga anti biotik alami, yang merupakan sumber energi instan.

Ditambah dengan pelukan sayang Papa dan Mama, kondisi Bebi Vendra pun berangsur pulih.

Mungkin, beberapa orang akan menghakimiku sebagai Mama yang jahat karena tidak ‘mengobati’ anaknya yang sakit. Tapi aku justru merasa jahat kalau membiarkan Bebi Vendra menelan obat-obatan kimiawi, yang sebenarnya tidak terlalu membantu, dan malah melemahkan tubuh mungilnya yang sedang bertumbuh.

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

