Pasta Gigi Buatan Rumah

Bukan cuma kulitku yang sensitif, mulutku juga. Pasta gigi biasa akan membuat mulutku berdarah setiap menggosok gigi. Pasta gigi gel memang tidak membuat mulutku berdarah, tapi kurang ampuh membersihkan plak.

Belum lagi kandungan bahan berbahaya dalam pasta gigi komersial, yang cukup membuatku meringis saat membaca daftar komposisinya. Deterjen, bahkan aluminium. Aduh!

Ketika kubaca bahwa sabun cair alami buatan sendiri bisa dipakai untuk menggosok gigi, aku mencobanya.

Rasanya memang aneh, pada awalnya. Tapi dengan sugesti bahwa sabun cair buatanku sendiri ini tidak mengandung bahan kimia yang tidak diperlukan oleh tubuhku, aku mulai terbiasa.

Setelah beberapa lama, aku membuat resep pasta gigiku sendiri:

– satu sendok teh sabun cair alami buatan sendiri
– setengah sendok teh soda kue
– seperdelapan sendok teh bubuk kayu manis

Campur rata semua bahan dalam wadah bersih yang sudah direndam dalam air mendidih selama 2 menit. Campuran ini cukup untuk kebutuhan menggosok gigiku sendiri selama kurang lebih 5 hari. Memang sebaiknya dibuat sedikit-sedikit, karena produk buatan rumah tanpa pengawet sehingga rentan tercemar dan cepat rusak.

Cara pakainya mudah. Basahkan sikat gigi, kemudian ambil sedikit pasta gigi buatan rumah, lalu gosok gigi seperti biasa.

Sabun cair dan soda kue berfungsi membersihkan mulut dan gigi. Soda kue juga adalah pemutih gigi alami. Sedangkan bubuk kayu manis berfungsi menyamarkan rasa aneh sabun cair dan rasa asin soda kue, juga anti kuman alami. Meskipun tanpa aroma mint, asalkan mulut bersih, tentu tidak akan bau mulut.

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s