Bebi Vendra yang Ceriwis

Jika sudah pernah bertemu dan melewatkan waktu bersama Bebi Vendra, pasti akan berkomentar kalau balita yang hampir berusia 38 bulan ini ceriwis. Pelafalan kata-katanya sudah jelas dan perbendaharaan katanya sudah cukup banyak.


*Bebi Vendra usia 12 bulan

Memang, kami sangat beruntung dikaruniai anak yang cepat menangkap dan mudah meniru. Meskipun itu tidak selalu menjdi sebuah keuntungan. Di saat kami apes, ada yang mengucapkan kata-kata yang tidak seharusnya, Bebi Vendra pun akan menirunya juga.

Yang bisa kami lakukan hanyalah berusaha cuek dan tidak bereaksi, ketika Bebi Vendra menirukan kata-kata yang tidak seharusnya. Karena, jika orang tua bereaksi terhadap kata-kata yang diucapkan anak, tentu ia akan berpikir kalau kata tersebut penting. Dan ia akan mengingatnya terus, bahkan mengulang-ulang kata tersebut. Tanpa reaksi, maka kita bisa berharap kata-kata yang tidak sepantasnya itu untuk segera terlupakan.


*Bebi Vendra usia 2 bulan

Bagaimana cara kami mengajarkan kemampuan verbal kepada Bebi Vendra, sehingga ia bisa sepintar itu bicara, di usia sekarang?

Well, tidak ada cara khusus atau kesengajaan, sebenarnya. Bahkan kami tidak ikut-ikutan menjejali putra kami itu dengan bahasa Inggris sejak dini, seperti kebanyakan orang tua lainnya. Tapi kami memang sudah mengajaknya bicara, sejak kami tahu kalau aku hamil.

Ya, bahkan sebelum Bebi Vendra berbentuk janin pun kami sudah menganggapnya eksis, sebagai satu pribadi utuh. Waktu itu, kami menyebutnya ‘Bebi’, dan akhirnya keterusan menjadi nama untuknya.

Kami juga tidak pernah sok imut dengan bicara menggunakan bahasa anak kecil kepada Bebi Vendra. Mungkin itu juga yang membuatnya cepat pandai berbicara. Karena kami berusaha menggunakan bahasa yang benar, sejak dini.


*Bebi Vendra usia 4 bulan

Satu hal lagi, jika ingin anak cepat pintar bicara, sebagai orang tua, kita tidak boleh malas mengajaknya mengobrol. Bercerita, bernyanyi, membaca, menonton film bersama. Lakukan apa saja bersama anak, agar pengetahuannya selalu bertambah. Jangan malas juga menjelaskan, usahakan memilih kata-kata sederhana yang mudah dimengerti, terutama jika melarang anak. Melarang tanpa memberikan penjelasan sederhana yang mudah dimengerti, tentu justru akan membuatnya semakin penasaran.

Selamat menikmati tumbuh kembang anak dan have a pleasant day!

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s