Lima Bahan untuk Masak Dua Hari

Sebagai ibu, aku sering termenung memandangi gerobak penjual sayuran. Bingung mau masak apa.

Namun, seiring berjalannya waktu, aku mulai bisa mengakalinya. Hari ini, aku membeli sebuah jagung manis, kemudian aku meminta tolong agar si pedagang memipilkannya untukku. Kemudian, aku menambahkan 2 buah wortel lokal ukuran besar (aku lebih suka wortel lokal dibanding wortel impor), seikat bayam, seikat daun bawang, serta satu bungkus tempe. Untuk lima jenis belanjaan tersebut, aku membayar 20.000 rupiah.

Dari beberapa jenis belanjaanku tadi, aku bisa membuat beberapa jenis masakan untuk dua hari.

1. Sayur Bening Bayam dengan Jagung (menggunakan setengah ikat bayam dan seperempat bagian dari jagung pipil, ditambah sedikit daun bawang rajang)

2. Tempe Goreng Tepung dengan Daun Bawang (menggunakan tempe dan daun bawang, ditambah tepung terigu dan tepung beras, yang memang sudah tersedia di rumah kami)

3. Bakwan Jagung Wortel (menggunakan seperempat bagian jagung pipil, satu buah wortel dan daun bawang)
4. Sup Bening Sayuran (menggunakan seperempat bagian jagung pipil, satu buah wortel, daun bawang, ditambah makaroni atau kentang, kebetulan aku punya stoknya)
5. Tumis Bayam Jagung (menggunakan setengah ikat bayam dan seperempat bagian jagung)

Aku membaginya begini:

Hari pertama, untuk sarapan, aku menyiapkan Sayur Bening Bayam dengan Jagung dan Tempe Goreng Tepung dengan Daun Bawang. Kebetulan, sepanjang hari kami beraktivitas di luar, jadi makan siang dan makan malam di luar.

Hari kedua, untuk sarapan, aku menyiapkan Sup Bening Sayuran dan Tempe Goreng Tepung dengan Daun Bawang. Siangnya, kami makan di luar. Malamnya, aku menyiapkan Bakwan Jagung Wortel dan Tumis Bayam Jagung.

Mudah-mudahan cara yang kubagi ini dapat menginspirasi.

Have a pleasant day!

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

