DIY: Pembersih Lantai

Suka makan baso dengan cuka?

Well, cuka makan bisa dipakai untuk membersihkan lantai rumah, juga kamar mandi.

Kenapa harus ribet membuat pembersih lantai sendiri kalau di minimarket dekat rumah tersedia produk pembersih yang praktis dan tinggal pakai?

Well, kita kan nggak tahu apa saja yang terkandung di dalan produk tersebut. Apalagi yang heboh mempromosikan diri ampuh membunuh kuman. Entah bahan kimia apa yang ditambahkan ke dalamnya. Bagaimanapun, sedikit atau banyak, kita bersentuhan dengan produk itu kan?

Untuk yang punya bayi atau balita, cara ini lebih aman. Karena tidak meninggalkan residu bahan berbahaya di lantai. Anak-anak sangat suka main, bahkan makan di lantai, kan?

Bahannya:
2 sendok makan cuka makan
1 liter air
1 sendok makan soda kue
2 tetes essential oil (aku memakai lavender) untuk menyamarkan bau menyengat cuka

Campurkan semua bahan di ember kecil, kemudian pel lantai rumah seperti biasa. Lantai di rumahku keramik biasa dan tidak masalah dengan formula ini. Untuk lantai jenis lain, sebaiknya lakukan tes terlebih dahulu.

Setelah selesai mengepel lantai rumah, siram merata sisa pembersih dalam ember kecil ke lantai kamar mandi. Lalu sikat lantai kamar mandi dan siram dengan air bersih, untuk menghanyutkan kotoran yang terangkat ke lubang pembuangan.

Oh ya, jika kesulitan mencari essential oil, bisa menggunakan minyak aromaterapi untuk oil burner. Ace Hardware menyediakan beberapa pilihan aroma. Atau, bisa juga memakai minyak telon atau minyak kayuputih, untuk aroma yang lebih seru.

Sebenarnya nggak repot juga kan untuk hidup alami? Pikirkan dampak jangka panjangnya bagi kita sendiri, apalagi keluarga dan anak-anak tersayang.

Selamat mencoba dan have a pleasant day!

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s