Banting Setir?

Belakangan ini, aku sedang mencari pekerjaan baru sebagai jurnalis atau reporter. Tentu banyak orang yang bertanya-tanya, kenapa aku banting setir? Bahkan, beberapa Staf SDM di beberapa perusahaan yang sudah bertemu muka untuk mewawancariku mengerutkan jidat ketika meneliti resumeku.

Ya, ini adalah tahun ke-sebelasku bekerja di bidang distribusi makanan dan minuman. Sejak awal bekerja, aku memang sudah berkubang di dunia suplai makanan dan minuman. Bisa dibilang, lebih menyempit ke dunia teh, karena aku pernah bekerja di distributor Twinings, Dilmah, Damman Freres, juga TWG. Dan memang secara pribadi, aku jatuh cinta pada teh. Aku juga punya cita-cita ingin menjadi seorang tea expert. Cepat atau lambat, cita-cita itu pasti akan kuraih.

Lalu, kenapa aku nekad banting setir ke dunia jurnalistik?

Well, sebenarnya, dunia tulis-menulis bukan hal baru buatku. Di tahun-tahun remajaku, aku sempat menulis beberapa cerpen, yang sempat kukirimkan ke beberapa majalah anak dan remaja, ketika itu. Setelah akhirnya terjun ke dunia distribusi makanan, aku masih menulis. Mulai dari coba-coba menulis novel-yang tidak pernah sampai ending, menjadi kontributor lepas di majalah nasional, membuat zine sendiri, sampai blogging.

Aku jadi ingat, di masa SMA, aku pernah mengincar dua perusahaan: Cosmopolitan Indonesia Magazine dan The Body Shop Indonesia. Waktu itu, aku membayangkan serunya menjadi seorang editor di majalah yang, saat itu, paling keren, menurutku. Dan, sampai sekarang, aku sendiri masih heran, kenapa aku yang tomboy justru ingin menjadi bagian dari The Body Shop? Mungkin karena aku memang punya sisi feminin. Buktinya, sekarang aku juga merintis bisnis perawatan kulit alamiku sendiri.

Jadi, jika sudah mengenalku secara cukup mendalam, serta mau menarik benang merah dari semua hal yang kusuka atau yang kupikirkan, pasti tidak akan bingung lagi, kenapa aku ingin menjadi jurnalis?

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

