Guest Post by Lucia Berta: Garang Asem

Bulan puasa ini aku lebih sering bereksperimen memasak makanan yang belum pernah aku bikin dan asing bagiku. Meskipun aku tidak ikut berpuasa tetapi aku tetap senang memasak untuk hidangan berbuka keluarga besarku yang sebagian besar beragama islam. Nah untuk hidangan berbuka kali ini tanteku minta dimasakin makanan yang asam2 pedas, seger dan Indonesia banget. Akhirnya aku memutuskan untuk membuat garang asem. Garang asem adalah masakan Indonesia yang belum pernah aku masak, bahkan mencicipinya pun aku belum pernah, tetapi ini menjadi tantangan tersendiri bagiku. Biasanya isi garang asem ini isinya berupa ayam atau ati ampela, tetapi aku pernah mencoba menggunakan jamur merang dan tetap enak rasanya, dan mungkin lain kali aku akan mencoba menggunakan ikan.

Bahan isi:
-ayam potong sesuai selera (lebih enak jika menggunakan ayam yg tidak ada tulang) 1/2 kg

bahan yang diulek sampai halus:
– 2 butir bawang putih
– 4 butir bawang merah
– garam sedikit
– setengah ruas kunyit (kira2 seruas jari kita)
– setengah ruas jahe (kira2 seruas jari kita)

bahan yang dipotong:
cabe rawit merah sesuai selera, bisa dipotong jadi 2 ato dibiarkan utuh
belimbing wuluh 7 buah saja (biar tidak terlalu asam) dipotong2 jadi 2
tomat 2 buah, dipotong2 ukuran sedang
sereh 1 batang, dipotong kecil2

bumbu lain (optional)
kaldu ayam bubuk (masako atau royco)
gula sedikit ( biar ada rasa sedikit manis)

pembungkus: daun pisang

cara:


1.campurkan bumbu yg selesei diulek dengan daging ayam yg sudah dipotong2
2.masukkan pula bahan yang dipotong ke ayam tersebut kecuali cabe rawit merah
3.masukkan kaldu ayam bubuk, gula, aduk rata, lalu sisihkan, diamkan sampai 10 menit
4.siapkan pembungkus (daun pisang) lalu isi dengan ayam, lengkapi dengan potongan tomat, belimbing, sereh, dan cabe rawit. Bungkus lalu dikukus.


5.jika sudah matang, daun pisang akan berubah warna.

tips: bagi yang tidak suka daging ayam, bisa diganti jamur merang. Aku pilih jamur merang karena akan tetap terasa kenyal (tidak hancur) jika dikukus.

Kunjungi blog Berta

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

2 thoughts on “Guest Post by Lucia Berta: Garang Asem”

Leave a Reply

