Berkenalan dengan Beras Merah

Aku sering mendengar atau membaca, banyak bayi yang diperkenalkan kepada bubur beras merah pada saat pertama kali mulai makan. Baik yang instan, yang organik, maupun yang bikin sendiri.

Aku pribadi memang sengaja menunda perkenalan Bebi Vendra dengan beras. Aku percaya, beberapa jenis buah adalah makanan pertama yang terbaik untuk bayiku. Terserah ibu-ibu lain kalau nggak sependapat, toh yang paling punya kuasa atas anak sendiri tentu sang ibu kan?

Setelah mengenalkan buncis dan brokoli, aku mulai mengenalkan bubur beras merah pada Bebi Vendra. Aku memilih untuk membuatnya sendiri.

Kebetulan, aku sendiri makan nasi merah, bukan nasi putih. Jadi, stok beras merahku kuambil segenggam, lalu kucuci. Setelah ditiriskan, kemudian kusangrai. Sesekali diaduk, agar tidak gosong sebagian.

Jika sudah mulai muncul aroma sangit, yang berarti berasnya mulai gosong, matikan api. Biarkan dingin, baru dihaluskan dengan menggunakan dry mill atau blender untuk biji-bijian atau bumbu. Proses hingga menjadi tepung.

Welcome to My World!

Nah, kalau sudah jadi tepung beras merah, simpan dalam wadah bertutup rapat. Aku menyimpannya di lemari es.

Jika akan membuat bubur, ambil 1 sendok makan tepung, masak dalam 1 gelas air hingga meletup-letup dan cukup lunak. Matikan api, lalu tunggu hingga bubur menjadi suam-suam kuku.

Supaya Bebi Vendra mengenal aroma dan rasa beras merah, aku memberikan bubur polosan, tanpa tambahan apapun. Tawar, memang. Dan Bebi Vendra pasang muka meringis aneh.

Tapi selanjutnya, kuberikan bubur beras merah tersebut bersama puree apel atau puree buncis.

Sisa bubur beras merah bisa disimpan di kulkas, dalam wadah bertutup rapat. Yang penting, ketika mengambilnya, gunakan sendok bersih. Jangan sampai sendok yang kena mulut menyentuh sisa makanan yang disimpan, karena akan mencemari makanan tersebut.

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

