Bebi Vendra: Day 72

Sejak 3 hari lalu, bekas suntikan vaksin BCG di lengan kanan Bebi Vendra mulai menjadi bisul bernanah. Iba melihatnya merasa tidak nyaman, tapi aku juga senang karena itu tandanya imunisasi berhasil. Tubuh Bebi Vendra sudah membentuk pertahanan terhadap tuberkulosis.

Aku dan suamiku juga sudah mulai bisa membedakan tangisan Bebi Vendra. Tangisan kesakitan, tangisan rese yang cuma ingin digendong atau jalan-jalan, tangisan karena popok atau celananya kotor. Kadang ia cuma ingin menangis saja, jadi kami tak perlu melakukan apa-apa, selain membiarkannya sejenak.

ASIku tampaknya sempat berkurang karena agak stres. Aku sangat kangen Jogja! Tapi karena tekad kuatku untuk terus menyusui Bebi Vendra, hari ini ASIku sudah kembali normal. Bahkan, aku sudah bisa memerah ASI lagi.

Masih belum mendapat jawaban, kapan sebaiknya aku kembali bekerja. Di satu sisi, aku ingin mengawasi Bebi Vendra dulu hingga lulus ASI eksklusif selama 6 bulan. Lingkungan sekitarku memang kurang memberikan dukungan untukku memberikan ASI. Mereka cenderung tidak peduli dan terlalu percaya terhadap mitos-mitos yang tidak jelas soal ASI. Karena itu, sebagian diriku ingin tetap mendampingi Bebi Vendra, paling nggak sampai usia 6 bulan, meskipun jaman sekarang bayi bisa ASI eksklusif dan ibunya bekerja.

Di sisi lain, aku sangat merindukan dinamika kerja yang kupercaya dapat terus melatih otakku agar tidak tumpul. Juga, tentunya penghasilanku nanti akan dapat membantu penghidupan keluarga kami, meskipun tidak terlalu signifikan.

Bagaimanapun, aku percaya bahwa keluarga kami akan selalu diberikan yang terbaik.

Published by

veronicalucia

Enjoying life...

Leave a Reply

