Cheers: Zonin Lambrusco Italy Red Sparkling

Ini adalah wine unik yang pernah kucicipi. Biasanya, sparkling wine itu berasal dari white wine. Tapi, red wine yang satu ini juga sparkling, alias ada gelembung-gelembung udaranya seperti minuman soda. Sparkling wine bisa kurekomendasikan buat teman-teman yang suka bir, tapi ingin belajar minum wine. Karakternya dan sensasi yang terasa ketika menyesapnya, hampir sama. Ditambah, kebanyakan sparkling wine rasanya agak manis. Slurrrppp…

Ada pengalaman lucu, yang cukup membuatku merasa malu. Hehehe. Waktu itu, malam tahun baru 2009, aku menyiapkan wine yang berasal dari Italia ini untuk dinikmati bersama adik tersayang dan asu sayang. Aku sudah siap pamer kemampuan membuka wine di depan kedua cowok yang sayang sama aku itu. Wine opener andalanku sudah siap di tangan. Kubuka label yang membungkus puncak botol tersebut. Eh, ternyata tutupnya screw alias ulir macam sirup. Haduhh!

Wine ini rasanya agak manis, tanpa after taste pahit, ada sensasi carbonated bubbles di setiap sesapannya. Sangat recommended untuk dinikmati saat santai bersama orang tersayang. Nggak perlu dimasukkan chiller, cukup disimpan di tempat sejuk.

Advertisements

Babi Kecap

Jujur, aku bukan perempuan yang hobi masak. Tapi karena aku bekerja di dunia makanan dan minuman, secara nggak langsung, aku dapat banyak pengetahuan soal kuliner.

Belakangan, mungkin secara nggak sadar aku mulai mempersiapkan diri untuk tinggal bareng suami tercinta, juga aku mulai mengatur pola makanku karena ingin segera punya bayi, aku jadi lebih sering masak sendiri.

Kali ini, aku mau membagi kisahku memasak Babi Kecap untuk pertama kalinya.

Bahannya, tentu saja daging babi segar. Banyaknya bisa disesuaikan dengan keinginan. Dalam hal ini, aku cuma memakai beberapa ons saja. Cuci bersih, potong-potong, jangan terlalu besar atau terlalu kecil. Masukkan ke panci, tuangkan air bersih hingga panci hampir penuh, lalu rebus hingga empuk. Untuk sampai benar-benar empuk, kira-kira perlu waktu 2 jam. Jika airnya hampir habis, bisa ditambahkan lagi. Pokoknya sampai empuk.

Tumis sebutir bawang bombay yang sudah diiris-iris dengan sedikit minyak goreng sampai wangi. Kemudian, masukkan rebusan daging babi yang sudah empuk tadi beserta kuahnya. Tambahkan sedikit merica, aduk-aduk hingga merata. Tambahkan 2 sendok makan kecap manis, aduk lagi sampai merata. Diamkan sebentar supaya semua bumbu meresap ke daging. Siap dinikmati deh. Ternyata mudah dan pasti enak!

Enjoyable Work, Pleasant Places, Memorable Tastes Part 10

Mozzarello Pizza, Galeria Mall, Yogyakarta


Fruit Salad
Seperti lazimnya salad buah, ada potongan pepaya, melon (tapi disini yang dipakai adalah melon oranye), nanas, pisang, dan stroberi sebagai garnish yang cantik. Mayonesnya berasa agak manis, dan diberi parutan bengkoang. Lucu juga!


Garlic Bread
Roti baguette seperti yang biasa tersedia di supermarket, diiris-iris, diolesi margarin (ya, aku mencium aroma margarin yang cukup kuat) dan bawang putih yang tidak terlalu terasa.


Orange Squash
Perasan jeruk, ditambah sedikit jus jeruk ‘ready to drink’, diberi soda berperisa lime. Andai yang dipakai soda water biasa, mungkin rasanya nggak seaneh itu. Karena lidahku menangkap rasa manis yang tidak menyenangkan dari tabrakan pemanis buatan jus jeruk dengan pemanis buatan soda berperisa lime.


Veggies
Pizza vegetarian atau topping sayuran, biasanya menjadi favoritku. Aku memang suka sayuran, ingat? Roti pizza yang cukup tebal, agak kering dan terasa manis, dengan topping jamur, brokoli, bawang bombay, potongan tomat, jagung manis dan irisan nanas. Lumayan.


Oceana
Pizza sari laut. Toppingnya potongan-potongan crab stick, udang, jagung, irisan nanas, bawang bombay. Enak sih, tapi rotinya agak mengganggu kenikmatan, karena rasanya yang terlalu dominan.


Margherita
Pizza dengan topping saus tomat dan keju mozzarella. Lagi-lagi, rasa kecut tomat dan gurihnya keju dirusak oleh rasa roti yang terlalu kuat.

Bu Tutik Sea Food, Yogyakarta


Cumi Ca Kangkung
Kangkung adalah sayuran favoritku. Dimasak dengan potongan cumi-cumi, ditambah tauco. Hm, nikmat banget!

Enjoyable Work, Pleasant Places, Memorable Tastes Part 9

Phuket Resto, Yogyakarta


Thai Tea Ice
Minuman teh dicampur susu manis yang rasanya khas ini memang sayang untuk dilewatkan, jika kita sedang makan di resto ala Thailand. Rasa teh nya kurang kuat, susunya juga terlalu manis. Jadi, tastenya masih terlalu Jawa deh.


Roti Naan
Roti tipis ditaburi wijen, yang dimakan dengan saus manis. Rasanya rada hambar. Rotinya rada anyep, sausnya kurang berasa.


Ayam Bakar Phuket
Ayam bakar dengan bumbu manis. Ayam bakarnya empuk. Bumbunya berupa kecap manis dan sedikit rempah. Rasanya nggak jauh beda sama ayam bakar khas warung pecel lele kaki lima. Tapi enak kok.


Sup Tom Yam Ayam
Sup Tom Yam adalah makanan ala Thailand yang paling terkenal. Segar kuahnya yang memadukan rasa asam dan pedas, apalagi dinikmati dalam keadaan masih hangat. Lazimnya sih berisi sayuran, jamur, dan udang. Tapi kali ini, udang diganti dengan irisan tipis daging ayam empuk. Sruput! Tapi hati-hati, jangan salah mengunyah irisan jahe.


Cumi Mentega
Cumi-cumi adalah hasil laut favorit lidahku. Kali ini, aku ingin mencoba cumi masak menteganya Phuket. Ternyata enak banget. Bumbunya cukup berani dan nggak terlalu eneg. Sangat direkomendasikan, jika makan di Phuket.


Brokoli Saos Tiram
Selain sari laut, aku juga pecinta sayuran. Ya, makan sayuran adalah pengalaman makan yang menyenangkan. Apalagi kalau sayurannya segar dan bumbunya pas. Kenikmatan tanpa dosa! Brokoli saus tiram ala Phuket ini segar banget. Tapi saus tiramnya kurang terasa. Jadi seperti makan ca brokoli biasa.

Moviebox Gejayan, Yogyakarta


Mix Fruit Juice
Jus buah segar ini merupakan campuran dari stroberi, apel dan anggur. Aku memang memesannya tanpa gula. Tapi rasanya segar banget! Yang dominan terasa adalah anggurnya.


Pisang Keju
Cemilan sehat, sebenarnya, daripada french fries melulu. Hehehe. Pisang dengan kualitas bagus, kematangannya pas, sehingga tidak terlalu lembek atau tidak sepet, dipotong-potong lalu dibakar, ditaburi parutan keju dan disirami susu kental manis. Jika memesan paket, jus dan pisang bakar tersebut harganya hanya Rp 11.000.